Wisata Religi dan Bertawassul di Makam KH.R. Muntaha Al Hafidz Wonosobo

KH. Muntaha Al-Hafizh adalah ulama Indonesia yang memiliki julukan Pecinta Al-Qur’an Sepanjang Hayat, julukan tersebut ia terima karena hampir seluruh hidupnya ia habiskan untuk mendalami dan menyebarkan ajaran al-Qur’an. Beliau adalah pengasuh Pondok Pesantren Al-Asy’ariyah Kalibeber Wonosobo, melalui pesantren asuhannya, telah terbit sebuah tafsir al-Qur’an tematik (maudhu’i) yang telah memberi sumbangsih terhadap perkembangan kajian ilmu-ilmu al-Qur’an.

KH. Muntaha adalah putra KH Asy‘ari bin KH Abdurrahim bin K. Muntaha bin K. Nida Muhammad. Ibunya bernama Hj. Syafinah. Beliau lahir pada 9 Juli 1912 di Kelurahan Kalibeber, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

 KH. Muntaha menuntaskan hafalan Al-Qur’an saat berumur 16 tahun di Pondok Pesantren Kauman, Kaliwungu, Kendal, di bawah asuhan KH. Utsman (Mertua KH. Asror Ridwan). Setelah selesai menghafal Al-Qur’an di Pesantren Kaliwungu beliau lalu memperdalam ilmu-ilmu Al-Qur’an di Pondok Pesantren al-Munawwir Krapyak asuhan KH. Munawwir ar-Rasyad. Selanjutnya KH. Muntaha berguru kepada KH. Dimyati di Termas, Pacitan, Jawa Timur.

Tahun 1959, di samping sebagai pejabat pada kantor Departemen Agama Kabupaten Wonosobo, KH. Muntaha diangkat sebagai anggota Konstituante Republik Indonesia di Bandung, mewakili NU Jawa Tengah. Beliau aktif sampai akhirnya majlis dibubarkan 5 Juli 1959. selanjutnya hampir setiap periode kepengurusan NU Cabang Wonosobo beliau menduduki Syuriyyah dan kemudian Mustasyar.


Dalam dunia pendidikan KH. Muntaha Al-Hafidz merupakan teladan karena keberhasilannya mengembangkan pendidikan di bawah naungan Yayasan Al-Asy`ariyyah. Yayasan tersebut saat ini menaungi berbagai jenjang pendidikan antara lain, Taman Kanak-Kanak (TK) Hj. Maryam, Madrasah Diniyah Wustho, ‘Ulya dan Madrasah Salafiayah Al-Asy`ariyyah, SMP dan SMU Takhassus Al-Qur’an, SMK Takhassus Al-Qur`an, Universitas Sains Al-Qur`an (UNSIQ), khusus untuk Perguruan Tinggi UNSIQ ini di bawah naungan Yayasan Pendidikan Ilmu-Ilmu Al-Qur’an (YPIIQ) namun cikal bakalnya Pesantren Al Asy’ariyah.

Baca Juga  Momen Indah Bulan Puasa Tertunda Ditengah Pandemi Corona

YPIIQ sendiri sebelumnya telah mendirikan Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) JawaTengah sebagai embrio dari UNSIQ. KH. Muntaha Al-Hafidz juga menjadi salah seorang pendiri bahkan memegang jabatan Rektor pada saat Perguruan Tinggi ini sebelum berubah menjadi universitas adalah merupakan bukti implementasi dari ide dan pemikirannya.

KH Muntaha Alhafidz telah berpulang pada Rabu, 29 Desember 2004. Makamnya di Pemakaman Keluarga Pondok Pesantren Al Asy’ariah, Kalibeber, Wonosobo, Jawa Tengah.

Lpkasi Makam

Makamnya KH.R. Muntaha Hafidz di Pemakaman Keluarga Pondok Pesantren Al Asy’ariah, Kalibeber, Wonosobo, Jawa Tengah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close