Wisata Eksotis Tersembunyi di Perbatasan Wonosobo-Purworejo

MAYODO.ID-Hallo Sahabat Traveller,

Assalamualaikum (opening pakai salam lah ya.. J) kali ini aku pengen membahas sebuah wisata eksotisme yang tersembunyi di perbatasan kota wonosobo-purworejo, tidak bisa dipungkiri lagi kalau sudah mampir di nama kota wonosobo, disini sangat banyak menyimpan keindahan alam baik yang diketahui massa ataupun yang tersembunyi. langsung aja tanpa basa basi lagi aku akan membahas tentang wisata tersembunyi yang menawarkan pesona naturalisme yang tinggi, yaitu “Curug Muncar”.

Wisata alam berupa air terjun Curug Muncar ( Muncar Waterfall ) beralamat di dusun Kalibang, desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno dan masih berada di wilayah kabupaten purworejo tepat perbatasan dengan kabupaten wonosobo . Curug Muncar termasuk salah satu dari beberapa air terjun di kabupaten wonosobo  yang masih sangat alami dan belum tersentuh perubahan atau tangan tangan nakal manusia. Air terjun curug Muncar berada di ketinggian sekitar 900 dpl, dan mempunyai tinggi sekitar 40 meter. Lokasi air terjun curug Muncar ini berada di tengah sebuah bukit bebatuan sehingga pengunjung harus mengeluarkan tenaga ekstra saat naik menuju area curug muncar karena kondisi jalan adalah menanjak dan melewati hutan panjang.

Selain itu, kondisi jalan utama menuju lokasi air terjun belum dikelola dengan baik oleh pemerintah, hal itu di tandai seperti lebar jalan yang sempit dan hanya dapat dilalui oleh satu kendaraan roda dua. Namun, beberapa pengunjung dengan jiwa petualang lebih menyukai menitipkan kendaraan mereka untuk parkir di rumah-rumah penduduk yang berlokasi tak jauh dari jalan utama dan kemudian mereka melakukan jalan kaki untuk menuju lokasi utama curug Muncar.

RUTE PERJALANAN 

Jika kalian mengambil dari arah wonosobo kota, dari persimpangan kretek menuju arah kesapuran kemudian menuju kec.kalibawang dan desa pengarengan, lalu meneruskan perjalan ke dk.klesit. nah dari dukuh tersebut pesona alam dan naturalis nya mulai bisa dirasakan, mulai dari bukit bukit dan bebatuan yang masih sangat alami, pepohonan besar dan hijau yang mengelilingi dukuh klesit tersebut, teman-teman bisa memarkir motor atau menitipkan kendaraan di rumah penduduk ( diinget ya, hanya wisata ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua).dari tempat parkiran menuju curug muncar kita bisa melanjutkan dengan berjalan kaki tapi tetap hati-hati dan membutuhkan tenaga ekstra , selain memakan waktu yang cukup juga di kanan kiri terdapat beberapa curang. Tapi sesampai tempat tujuan semua itu bisa terbayar dengan keindahan alam. Okay sahabat traveler, cukup sekian dan semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr wb J selamat menikmati…

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close