Tidak Hanya Jadi Manisan, Ini Dia Cara Beda Makan Buah Carica, Penasaran?

MAYODO.ID – Kota Wonosobo adalah kota nya buah Carica. Buah yang memiliki nama latin Vasconcellea Cundinamarcencis ini tumbuh subur di dataran tinggi seperti kawasan Dieng, dengan ketinggian kurang lebih 1500-3000 m di atas permukaan laut.

Tidak hanya ada di Dieng, buah ini juga bisa dijumpai di Bali, dengan nama Gedang Memedi. Namun, sebenarnya buah mungil ini awal mula ditemukan tumbuh di dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. Kemudian mulai masuk ke Indonesia pada masa pemerintahan Kolonial Hindia Belanda di Perang Dunia ke-II. Buah ini pun tumbuh subur di dataran tinggi Dieng, hingga sampai saat ini menjadi icon dari kota Wonosobo.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh carica Dieng, tak heran jika sekarang buah ini menjadi primadona bagi masyarakat Dieng. Bagaimana tidak, buah ini sudah menjadi komoditi utama di Wonosobo. Produk olahan khas yang paling terkenal adalah manisan. Tidak perlu bersusah payah, manisan carica dalam bentuk kemasan kaleng ataupun gelas jar kini sangat mudah di temui di banyak toko oleh-oleh terutama di kawasan wonosobo. 

Sering kali kita melihat promosi daerah wisata Dieng dengan carica Dieng sebagai magnetnya. Tampaknya pemerintah kabupaten Wonosobo tidak tanggung-tanggung dalam mengelolanya. Selain tetap mempromosikan pesona wisatanya, mereka juga membantu para pengusaha kecil untuk terus berkreasi mengolah buah ini menjadi berbagai makanan khas. Diharapkan nantinya juga akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Dieng tanpa membawa manisan carica sebagai buah tangan.

Buah kuning mungil ini ternyata tidak hanya dapat dinikmati dalam bentuk manisan saja, mungkin buat kamu yang mulai bosan dengan olahan carica yang itu-itu saja kita punya solusinya, apa saja kira-kira? yuk simak bareng-bareng.

  1. Puding Buah Carica
10 Resep & Cara Membuat Puding Buah Segar Segar dan Sehat

Seperti puding buah yang lain, cara membuatnya pun sama. sajian ini cocok buat nemenin siang hari kamu. Untuk mempercantik hasil akhir, kamu jua bisa menambahkan buah-buahan yang lain, seperti Anggur dan biji selasih. Selain mudah diolah, Kesegaran dari buah carica ternyata kaya akan vitamin A, vitamin C, gula, vitamin E dan B kompleks. Kandungan serat di dalamnya ternyata juga cukup tinggi, sehingga bisa untuk membantu memperlancar proses pencernaan kamu.

  1. Selai Buah Carica
jono idola в Twitter: "Produk unggulan Provinsi #JawaTengah ini ...

Inovasi olahan berbahan dasar carica selanjutnya adalah Selai Buah Carica, tanpa mencampurkan banyak bahan tambahan,  Biji buah Carica cukup di haluskan menggunakan blender, Kemudian direbus dengan air gula dan air rendaman biji Carica. Setelah berubah tekstur menjadi kental dan mengering, adonan dimasukan ke dalam botol/ wadah Lalu dikukus selama 30 menit. Selai Buah carica pun siap di sajikan dengan roti tawar dan isian kue yang lainnya.

  1. Pie Susu Buah Carica
Resep Kue Pie Susu oleh Fitri Kitchen - Cookpad

Pastei atau Pai (bahasa Inggris, pies) adalah salah satu makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan dapat diberi isian atau filling beraneka ragam, Salah satunya adalah buah carica. Kalau biasanya bahan isian nya hanya susu kental manis, ternyata selai maupun potongan kecil buah carica ini bisa jadi inovasi lain. Cita rasa manis dan harum dari buah carica dipercaya akan menambah kenikmatan yang berbeda saat menikmati kue pie ini.

Baca Juga  Liburan Ke Wonosobo? Kamu Wajib Cicipi Kuliner Khasnya

Tentunya masih banyak inovasi-inovasi lain olahan makanan berbahan dasar buah carica yang lain. Walaupun Carica Dieng Wonosobo hanya ditanam oleh kebanyakan petani sebagai tanaman sampingan di pinggir lahan. Ternyata hasil dari olahannya mampu menjadi sumber penghidupan yang menjanjikan. Terbukti bahwa jika Anda berkunjung ke Dieng, akan mudah menemukan masyarakat yang menjajakan hasil olahan dari buah ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close