Tempat Produksi Tahu di Watumalang Terbakar

Wonosobo-Sebuah tempat pengolahan produksi tahu yang berada di Desa Welahan, Kecamatan Watumalang dilalap si jago merah pada Selasa (28/07/2020). Peristiwa kebakaran tersebut diduga api dari tungku yang masih menyala sisa produksi kemarin, karena pada saat kejadian sedang tidak melakukan aktifitas/memproduksi. Akibat kebakaran tersebut, kerugian ditaksir mencapai kurang lebih sekira 15 juta rupiah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Zulfa Akhsan Alim Kurniawan mengatakan, kronologi kejadian kebakaran tersebut berawal dari keterangan saksi (anak korban), yakni pada pukul 01.30 WIB mendengar suara ledakan dari bagian tempat pengolahan tahu.

“Saat itu saksi segera melihat ketempat pengolahan, dari salah satu bagian sudah terbakar dan segera meminta bantuan warga untuk memadamkan dengan alat seadanya. Namun karena minimnya sumber air meyulitkan pemadaman sehingga melaporkan kejadian tersebut ke Damkar melalui telpon untuk minta bantuan pemadaman,” katanya.

Zulfa Akhsan menambahkan, api dengan cepat menjalar ke bagian bangunan tempat pengolahan tahu tersebut. Peristiwa kebakaran diduga api dari tungku yang masih menyala sisa produksi kemarin, karena pada saat kejadian sedang tidak melakukan produksi.

Menurutnya, ada dua mobil pemadam dan dua mobil tangki air BPBD diterjunkan untuk memadamkan api tersebut. Beruntung, berkat kerjasama yang baik antara petugas gabungan dan warga, sehingga api berhasil dipadamkan pukul 03.30 WIB sebelum membakar habis bangunan pabrik tahu tersebut.

Diketahui tempat produksi tahu tersebut milik Bp. Sistono warga Ds. Welahan 03/06 Kecamatan Watumalang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun tempat produksi tahu tersebut mengalami rusak sedang dengan kerugian ditaksir mencapai 15 juta rupiah.

“Dalam proses pemadaman ini, pihak yang terlibat adalah BPBD Wonosobo, Damkar Wonosobo, TNI, Polri, relawan Watumalang dan masyarakat sekitar,” tandasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close