Tebing Longsor, Tutup Badan Jalan Antar Kecamatan di Wonosobo

Hujan deras mengguyur hampir merata di seluruh wilayah di Kabupaten Wonosobo kembali memicu tanah longsor. Tebing setinggi 7 meter longsor dan menimbun jalan antar kecamatan tepatnya di samping jembatan di Desa Trimulyo Kecamatan Wadaslintang, Minggu (26/4/2020) petang. Akibatnya akses kendaraan tidak bisa melintas atau tertutup material tanah longsor dari dua arah.

Meski di tengah pandemi wabah virus korona (Covid-19) dan bulan puasa, namun hal itu tidak menyurutkan semangat masyarakat sekitar bersama anggota TNI Koramil Wadaslintang, melakukan gotong-royong menyingkirkan material tanah longsor dari badan jalan, Senin (27/4/2020). Jalan tersebut selama ini menjadi jalur utama bagi masyarakat Desa Trimulyo menuju pusat Ibu Kota Kecamatan setempat.

Danramil Wadaslintang Lettu CPl Tulus Widodo, mengungkapkan musibah tanah longsor menutup seluruh badan jalan utama tersebut terjadi setelah wilayahnya diguyur hujan cukup lebat pada sore menjelang petang sekitar pukul 17.30 atau sebelum jam berbuka puasa.

“Matrial tanah longsor cukup banyak, sehingga tidak memungkinkan untuk dibersihkan petang itu juga. Apalagi menjelang waktu berbuka dan kondisi medan gelap. Jadi upaya membersihkan dilakukan dengan gotong-royong melibatkan seluruh komponen masyarakat pagi ini,” paparnya.

Danramil menghimbau, jalannya gotong-royong tetap harus mematuhi prosedut jaga jarak antar warga sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pencegahan maupun penanggulangan penyebaran Covid-19. “Bukan hanya jaga jarak antar warga, setiap peserta gotong-royong juga wajib mengenakan masker pelindung,” pungkasnya.

Sumber: https://www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close