Tahun 2020, Lulus Sekolah Jalur Corona Katanya

MAYODO.ID-Dunia Pendidikan menjadi salah satu yang berdampak serius karena Pandemic Covid-19 atau corona pasalnya kelulusan Sekolah tahun ini tanpa Ujian Nasional (UN), tentu menjadi sangat berbeda dengan kelulusan tahun-tahun sebelumnya yang menunggu sambil deg-degan dengan hasil Ujian Nasional, juga persiapan-persiapan belajar yang lebih dari biasanya untuk mendapatkan nilai terbaik saat pengumuman. Namun tahun ini siswa-siswi cukup lega karena dengan pembatasan sosial dampak Pandemic Covid-19 atau korona Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatur metode kelulusan siswa di tengah pandemi virus covid-19 atau corona, Kelulusan siswa saat ini diganti dari Ujian Nasional (UN) menjadi Ujian Sekolah.

Ketentuan ini tertuang dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Kemdikbud diketahui membatalkan gelaran UN 2020, Sebagai gantinya, nilai kelulusan ditentukan pada hasil ujian sekolah. Hasil ujian sekolah ini mengacu pada nilai rapor, hasil penugasan, hingga tes jarak jauh yang diterapkan selama pandemi covid-19. “Ujian Sekolah dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya,” kata Nadiem melalui surat edaran tersebut.

Bagi sekolah yang telah melaksanakan ujian sekolah, kata Nadiem dapat menggunakan nilai ujian sekolah untuk menentukan kelulusan siswa. sementara bagi sekolah yang belum melaksanakan ujian sekolah berlaku ketentuan sebagai berikut:

1) kelulusan Sekolah Dasar (SD)/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir (kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 semester gasal). Nilai semester genap kelas 6 dapat digunakan sebagai tambahan niiai kelulusan;

2) Kelulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/sederajat dan Sekolah Menengah Atas (SMA) / sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Nilai semester genap kelas 9 dan kelas 12 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan;

Baca Juga  Laskar Pelangi Di SMP Muhammadiyah Sapuran

3) kelulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / sederajat ‘ditentukan berdasarkan nilai rapor, praktik kerja lapangan, portofolio dan nilai praktik selama lima semester terakhir. Nilai semester genap tahun terakhir dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

Adapun untuk mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB, menurut surat edaran itu dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Dinas Pendidikan dan sekolah diminta menyiapkan mekanisme PPDB yang mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orangtua secara fisik di sekolah;

b. PPDB pada Jalur Prestasi dilaksanakan berdasarkan:

1) akumulasi nilai rapor ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir; dan/ atau2) Prestasi akademik dan non-akademik di luar rapor sekolah;3) Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan bantuan teknis bagi daerah yangmemerlukan mekanisme PPDB daring.

Di sisi lain, ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada jenjang SMA juga dibatalkan. Sehingga, kriteria kelulusan saat ini hanya mengacu pada nilai rapor mulai semester 1 sampai dengan 5. Serta ditambah nilai tugas-tugas di semester 6. Jadi siswa tidak secara otomatis langsung lulus, tetap ada rambu-rambunya. Minimal juga harus berkelakuan baik.

Untuk informasi kelulusan, Sekolah menggunakan sistem online, sistem pengumuman akan memanfaatkan info center yang memanfaatkan aplikasi WA. Sehingga, peserta didik cukup mengirimkan pesan dengan mengisi nomor induk untuk bisa mengetahui status kelulusan. Secara otomatis sistem akan membalas sesuai nama siswa dengan dinyatakan lulus atau tidaknya, Dengan demikian, pihak sekolah tidak lagi memberi fasilitas pengumuman secara langsung di sekolah. Jadi siswa tidak perlu ke sekolah, karena semuanya bisa diakses melalui internet. Dengan demikian tak perlu berlebihan melakukan perayaan kelulusan dengan berkerumun pawai turun kejalan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close