Suka Ngabuburit? Ini Ulasan Tentang Asal Kata Ngabuburit

Nggak terasa bulan Ramadhan tahun ini sudah setengah terlampaui, tapi tahukan temen-temen semua bahwa disetiap negara memiliki tradisi lokasl dalam menyambut bulan Ramadhan? Di Indonesia kita sering kali mendengar kata-kata yang trend disebutkan pada saat bulan puasa salah satunya adalah ngabuburit.

Ngabuburit sendiri sebenarnya merupakan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat untuk menunggu waktu berbuka dengan bermain ditaman, berjalan-jalan maupun mencari takjil untuk berbuka puasa ketika magrib telah tiba. Namun apa teman-teman semua tahu bagaimana sejarah ngabuburit itu ada di negara kita?

Ngabuburit sebenarnya berasal dari Bahasa sunda “Burit” yang artinya adalah menjelang sore, sementara ngabuburit merupakan singkatan dari  “ngalantung ngadagoan burit” yang masih berasal dari Bahasa sunda yang artinya bersantai-santai menunggu waktu sore.

Selanjutnya ngabuburit di identikkan dengan waktu bersantai ketika menjelang berbuka puasa saat bulan Ramadhan di Indonesia yang diisi dengan berbagai kegiatan santai, seperti yang disebutkan diatas, bahkan banyak acara diselenggarakan untuk menunggu waktu berbuka mulai berjalan-jalan sampai dengan mengadakan pertunjukan seni dan sastra, selain itu ngabuburit juga sering menjadi acara yang kerap dilakukan di tempat-tempat yang menjual makanan seperti café maupun rumah makan agar tempat tersebut ramai dikunjungi orang untuk berbuka puasa dengan sajian menu yang dijual disana.

Pada awalnya, kegiatan ngabuburit selama Bulan Ramadan diisi dengan berbagai kegiatan religius seperti pesantren kilat. Namun, seiring perkembangan zaman, ngabuburit di Indonesia mulai berkembang menjadi berbagai aktivitas yang lebih bervariasi. Seperti wisata kuliner di pasar kaget alias pasar Ramadan, berbagai aktivitas sosial, hingga sekedar acara kumpul-kumpul sahabat.

Itulah pengertian dari Ngabuburit yang kerap dilupakan. Meskipun berasal dari Sunda, Ngabuburit sangat akrab di kebudayaan Ramadan di Nusantara. Sudah siap menjalankan tradisi ngabuburit di bulan Ramadan kali ini?

Baca Juga  Asal Usul Terjadinya Penindasan Terhadap Perempuan

Yuk, isi kegiatan ngabuburit bulan Ramadan tahun ini dengan berbagai kegiatan bermanfaat! Ditengah keadaan kita semua yang sedang menghadapi bencana wabah virus corona, yuk tetap kita isi kegiatan ngabuburit kita dengan tidak melupakan arahan pemerintah agar kita semua tetap terjaga dalam keadaan yang sehat dan segera dapat ceria dan berkumpul bersama sanak saudara seperti sedia kala, tetap ceria dengan ngabuburit dirumah aja bersama keluarga dan tetap bermanfaat tentunya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close