Ditengah Kelangkaan Barang, SMA N 1 Sapuran Racik Hand Sanitizer Berbahan Alami

MAYODO.ID-Patut diberi apresiasi siswa-siswi SMAN 1 Sapuran ini ya gaes, untuk menyiasati kelangkaan produk hand sanitizer karena pandemik covid-19 diwilayah Sapuran dan sekitarnya mereka meracik bahan-bahan alami untuk membuat hand sanitizer lho, Proses pembuatan hand sanitizer dilakukan di laboratorium Biologi dan Kimia sebagian bahan ada di sekolah yang ada di lab yang biasa digunakan untuk praktikum. Sedangkan percobaan pembuatan dengan bahan dari alam juga dilakukan sebagai antisipasi ketika bahan lainnya tidak bisa ditemukan di pasaran gaes,kreatif ya?

Bahan yang berasal dari alam seperti Aloevera atau lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk pembuatan ini sebagai pengganti bahan gliserin. Ternyata untuk pembuatan yang sesuai imbauan BPPOM adalah menggunakan campuran ethanol, H2O2, dan Gliserin, untuk bisa langsung dimanfaatkan. Untuk anjuran BPPOM harus menunggu 72 jam sebelum bisa dipakai untuk buktikan apakah ada kontaminan bakteri dan sebagainya sehingga dianjurkan dengan alkohol 96 persen dianggap lebih aman karena bisa langsung digunakan ya.

SMA yang juga menyandang gelar sekolah Adiwiyata itu ternyata telah membudidayakan berbagai tanaman obat di sekolah sejak lama lho, Sehingga dalam pembuatan hand sanitizer secara mandiri selain mempraktikan dari anjuran BPPOM juga dengan komposisi yang berbahan dasar tanaman yang ada di sekitar sekolah.Waah sekolah kalian nanti bisa juga ya menanam tanaman seperti ini?.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close