Siaga 24 Jam, Puskesmas Kaliwiro Terima Bantuan APD

Wonosobo – Wilayah Kecamatan Kaliwiro saat ini menempati peringkatSiaga COVID pertama dalam jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID 19 di Kabupaten Wonosobo. Dengan jumlah kasus mencapai 13 orang yang telah dinyatakan positif terinfeksi virus Corona, maka puskesmas Kaliwiro sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama di wilayah itu pun dipaksa bersiaga penuh 24 jam, sebagai upaya preventif apabila sewaktu-waktu warga setempat mengalami gejala-gejala COVID 19.

Kepala Puskesmas Kaliwiro, dr Petrus Winarto menyebut alat pelindung diri seperti hazmat, face shield, dan masker serta makanan tambahan bagi para tenaga medis yang mesti siaga, menjadi kebutuhan paling urgen saat ini.

“Terimakasih sekali hari ini Bapak Wakil Bupati dan Ibu Ani Agus Subagiyo berkenan hadir meninjau Puskesmas Kaliwiro dan mendampinggi rombongan dari Lion Club Wonosobo Dieng untuk memberikan bantuan APD dan per makanan bagi para petugas medis Puskesmas Kaliwiro yang siaga 24 jam ini,” tutur dr Petrus di tengah menyambut rombongan LCW Dieng bersama jajaran tenaga medis PKM setempat, Sabtu (16/5/2020) kemarin.

Menurutnya, pihak Puskesmas berupaya keras dalam hal pencegahan agar jangan sampai jumlah penderita virus corona di wilayahnya meningkat dengan terus diadakan penyuluhan dan pemeriksaaan secara intensif terhadap pasien yang bergejala COVID 19.

Menanggapi kondisi di Puskesmas Kaliwiro, Wakil Bupati Agus Subagiyo mengaku terharu dan salut terhadap dedikasi para nakes yang tetap semangat melayani masyarakat di tengah pandemi COVID 19.

“Para tenaga medis di Puskesmas ini ujung tombak, garda depan dalam upaya penanganan terhadap pasien-pasien baik yang COVID 19 atau sehingga saya nilai sangat perlu untuk terus disupport dengan alat pelindung diri serta nutrisi dan gizi yang memadai agar selalu sehat dan sigap di situasi apapun,” ungkap Wabup.

Baca Juga  Indosat Berikan Bantuan 5 Unit Bus, dan Uang 5 M

Bagi para tenaga kesehatan, Agus juga berpesan agar mereka senantiasa berhati-hati dan waspada saat menghadapi pasien, dengan selalu mengenakan pelindung diri yang sesuai standard kesehatan.

Pesan senada juga diungkapkan penasehat LCW Dieng, Agus Purnomo. Kepedulian pihak Lions Club, diakui Agus tak lepas dari keinginan pihaknya untuk mendukung penuh para tenaga medis yang saat ini menjadi tumpuan para pasien dalam hal pelayanan kesehatan di tengah situasi pandemi COVID 19.

“Sebelum ke Puskesmas Kaliwiro, bantuan APD dari Lions Club Wonosobo kepada para tenaga kesehatan juga kami berikan di sejumlah rumah sakit di Wonosobo,” ujarnya.

Seluruh warga masyarakat, disebut Agus memiliki harapan yang sama, Wonosobo segera terbebas dari virus yang kini telah menginfeksi lebih dari 4 Juta orang di seluruh dunia itu. (Ar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close