SMP 1 Kertek Sekolah Tertua Di Kabupaten Wonosobo

MAYODO.ID-SMP 1 Kertek menjadi salah satu sekolah tertua di wilayah Kabupaten Wonosobo . Karena, sekolah tersebut sudah dibentuk sejak tanggal 25 Januari 1979. Gedung sekolah telah diresmikan pembangunannya bersamaan dengan SMP Mirit Kebumen dan SMP Banyuurip Purworejo dan SMP 1 Kertek Wonosobo. Persemian saat itu ditandatangani Masjchun Sofwan selaku Pembantu Jabatan Gubernur KDH Tingkat 1 Jawa Tengah untuk Wilayah Karesidenan Kedu.

Pada awalnya dengan 5 guru dan 1 kepala sekolah bernama Dwi Suryadi, dengan siswa 60/2 kelas. Satu tahun berikutnya mendapat tambahan 4 guru, kelas bertambah menjadi 4 dengan masing-masing kelas berisi 30 siswa, Kebayangkan bagaimana kondisi saat itu?.
Tahun 1983 kepala sekolah diganti dengan ST. Soedarno, dengan 9 kelas dan masing-masing kelas berisi 30 siswa. Tahun 2008 sekolah berpredikat SSN (Sekolah Standar Nasional) dengan kepala sekolah Parwanto,S.Pd, ada 21 kelas dan masing-masing kelas berisi 32 siswa. Tahun 2010 perpustakaan meraih juara 2 tingkat nasional, dari berdiri sampai sekarang rata-rata menduduki peringkat 2 se-Kabupaten dalam hasil Ujian Nasional, Dari tahun 1978 – Sekarang telah mengalami pergantian kepala sekolah 14 kali.

Dalam perkembangannya, bangunan SMP 1 Kertek masih asli sampai sekarang ini. Namun seiring dengan perjalanan waktu bangunan tua tahun 1978 ini banyak mengalami kerusakan dimakan usia. Kalaupun dipertahankan bentuk asli tentunya memerlukan biaya perawatan yang luar biasa besar ya, Sampai sekarang bangunan lama yang masih bertahan antara lain ruang guru dan TU, ruang kelas ada delapan ruang, ruang lab IPA dan ruang lab bahasa atau multimedia.

Terbayang ya setelah 42 tahun berlalu banyak sekali perubahan yang terjadi sampai saat ini,semoga kita jadi lebih tau juga sejarah sekolah kita masing-masing ya?.

Semoga bermanfaat…

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close