SAUTO GOLAK KULINER KHAS WONOSOBO

MAYODO.ID – Belum lengkap rasanya jika ke wonosobo tapi skip kuliner yang satu ini. Sauto golak, adalah kudapan asli khas wonosobo yang berasal dari daerah Wadaslintang dan Kaliwiro. Golak sendiri merupakan makanan lokal yang berbahan dasar umbi singkong, sementara sauto merupakan kuliner yang juga sering disebut juga dengan soto.

source : IG @mbokwiro

Yang unik dari soto ini adalah cara penyajiannya, pada umumnya soto dinikmati dengan nasi ataupun ketupat namun berbeda halnya dengan sajian ini, soto dinikmati dengan golak sebagai penggantinya.

Untuk yang penasaran jangan khawatir, saat ini telah tersedia warung yang menyajikan kuliner lokal ini di kawasan sekitar kota wonosobo, Yaitu warung Sauto Golak Bu Khalimah. “ ini merupakan warisan kuliner dari simbah yang dulu buka usaha di pasar Lamuk Kaliwiro” tutur Bu khalimah, pemilik warung. Cita rasa yang khas diperoleh turun temurun dari simbah Noto Pawiro sejak awal diproduksi yaitu mulai tahun 1870,  Dan sekarang Bu Khalimah menjadi generasi ke-6 nya.

Sajian per porsinya yaitu terdiri dari mie soun, kecambah, sledri, potongan daging sapi dan aroma bawang goreng juga kacang tanah. Bumbu kuah yang digunakan berasal dari rempah asli khas jawa. Sedangkan olahan golak berasal dari rebusan singkong parut yang telah di pisahkan dengan saripatinya, kemudian setelah matang dan mulai mendingin, singkong ditumbuk halus sampai empuk. Jika sudah, adonan kemudian di diamkan semalaman, setelah itu adonan digoreng di keesokan harinya. Dan yang spesialnya lagi, Sauto golak milik Bu khalimah ini adalah warung pertama yang memilih menggunakan juluh gula jawa sebagai bahan penyedap rasa.

Source : IG @mbokwiro

Akan bertambah nikmat apabila saat mencicipi Sauto golak ini ditemani juga dengan tempe kemul khas wonosobo. Omset dari warung sauto golak ini mampu menjual hingga 100 mangkok di setiap harinya. Sedangkan untuk golaknya setiap hari menyediakan 10 kilogram dan mampu terjual hingga 8 kilogram.

Nilai tambah dari sajian soto ini adalah, dengan mengantikannya nasi dengan golak yang sudah jelas memiliki kadar gula lebih rendah, lebih murah dan tentunya dengan rasanya sangat khas, sangat cocok dikonsumsi untuk para penderita diabetes, tanpa khawatir gula darahnya akan naik.

Para pecinta kuliner jangan sampai kelewatan untuk mencicipi hidangan kuliner lokal khas wonosobo yang satu ini ya, dijamin ketagihan!. semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga  It’s Story time!!! Cobain Signature Drink di Say Story Wonosobo

Lokasi : Tosari, Jaraksari Kecamatan Wonosobo ( Jalan Kyai Muntang, sisi Utara Kelurahan Jaraksari Kecamatan Wonosobo)

Jam Buka : 08.00-21.00

Harga Per-Porsi : Rp.8000,-

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close