Rapid Tes Random 2 Hari di Pasar dan Toko Modern, 3 Pegawai Rita Pasaraya Dinyatakan Reaktif

MAYODO.ID -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19) menggelar rapid tes selama dua hari di sekitar Pasar Induk Wonosobo, Minggu-Senin (17-18/05/2020). Hasilnya ada dua karyawan Rita Pasaraya yang dinyatakan reaktif.

“Kami melakukan rapid tes selama dua hari di sekitar Pasar Induk. Hari pertama ada 38 yang diperiksa dan semuanya nonreaktif. Sementara di hari kedua dari 15 orang yang di rapid tes ada tiga orang yang reaktif,” kata Sekda Wonosobo, One Andang Wardoyo.

Menurutnya, ketiga orang yang dinyatakan reaktif tersebut langsung di bawa ke RSUD Wonosobo untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Apabila terdapat gejala klinis maka ketiganya akan di rawat di RSUD, namun apabila tidak menunjukan gejala akan di karantina di BLK Wonosobo sambil menunggu hasil swabnya keluar.

Lebih lanjut, Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 terus berupaya mengejar setiap potensi penularan virus Corona. Demi akurasi pelacakan dan penelusuran warga dengan resiko, pihaknya menggelar rapid diagnostic test (RDT) secara random atau acak di sejumlah pusat keramaian yang ada di seputar pasar Induk Wonosobo.

“RDT atau juga kerap disebut dengan Rapid Test pada kesempatan tersebut baru mentargetkan 50 orang karena alat memang masih terbatas,” katanya.

Mengingat keterbatasan itulah, pihaknya mengaku tidak asal melakukan test meski sifatnya random atau acak. Sejumlah orang yang dinilai memiliki potensi resiko seperti kasir, pegawai di jalur distribusi hingga para pedagang yang kerap berinteraksi dengan berbagai macam orang, disebutnya mendapat prioritas untuk menjalani tes.

Rapid tes di titik-titik keramaian seperti di seputaran pasar Induk tersebut, ditambahkan Sekda One Andang Wardoyo juga akan menjadi salah satu dasar acuan bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan lanjutan, terkait aktifitas warga masyarakat di lokasi tersebut.

Baca Juga  IKASUKA Peduli COVID-19 Bagikan Nasi Box dan Masker di Tiga Titik Ini

“Kita semua tetap berharap, masyarakat mau berdisiplin untuk mengikuti SOP pencegahan Covid-19 yakni dengan senantiasa menggunakan masker apabila keluar rumah, rajin cuci tangan memakai sabun, menghindari kerumunan, serta menjaga jarak aman antara satu sama lain (Physical Distancing),” tandasnya. (Ar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close