Pura-Pura Jadi Petugas Pertamina, Sindikat Pencuri Ditangkap

MAYODO.ID- Jajaran Polres Wonosobo berhasil menangkap seorang pemuda berinisial DP (27) yang kedapatan mencuri sebuah handphone di wilayah Kecamatan Sukoharjo. Dengan berpura-pura sebagai petugas pertamina, ia bersama rekanya berhasil mengelabui korban dengan mengaku petugas yang akan mengecek tabung gas.

“Pada hari Selasa 5 Mei 2020 kurang lebih pukul 10.00 Wib para pelaku datang ke TKP dengan mengendarai sepeda motor dan diparkir didepan rumah korban, pelaku AK yang masih dalam pencarian dan DP berpura-pura sebagai petugas dan bermaksud untuk mengontrol kompor gas milik korban . Kemudian korban mengijinkannya dan mengantar pelaku AK yang ada didapur dengann ditemani korban, Sedangkan pelaku DP melihat-lihat kondisi rumah dan berhasil menggasak satu buah HP,” kata Kasatreskim Polres Wonosobo, AKP Mochamad Zazid, Rabu (13/05/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan, setelah menerima laporan dari korban, tak berselang lama pelaku berhasil ditangkap tak jauh dari lokasi kejadian. Namun, pelaku berinisial AK berhasil kabur dan sampai kini masih dalam pengejaran pihak kepolisian.

Dari hasil pengembangan, AKP Mochamad Zazid mengatakan, pelaku sudah tiga kali beraksi di wilayah Wonosobo dan menggunakan identitas dan surat tugas palsu dari Pertamina. Pelaku atas nama DP juga merupakan residivis perkara yang sama dan pernah di tahan di Rutan Pemalang selama 10 bulan.

“Sebenarnya pelaku ini rumahya cukup jauh yaitu di Sumatera Selatan. Namun yang bersangkutan ngekos di Banjarnegara sudah beberapa bulan ini dan melancarkan aksinya di Wonosobo,” jelasnya.

Sementara satu pelaku yang kini masih buron, lanjutnya, bertempat tinggal di Palembang. Atas perbuatan tersebut, pelaku dikenakan pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. (Ari)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close