Potret Eksotisme Sikidang Crater (Wisata Kawah Vulkanik Dieng)

MAYODO.ID- Dataran tinggi dieng merupakan sebuah gunung api raksasa yang memiliki  banyak kawah aktif. Meskipun begitu, dataran tinggi Dieng justru mempunyai banyak destinasi wisata yang menjadi daya tarik tersendiri dan selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan sekitar maupun luar kota. Rasanya belum lengkap  jika berkeliling ke Wonosobo namun tidak mengunjungi Kawah Sikidang. Suasana  kawah yang tidak seperti kawah pada umumnya dan keberadaan fenomena alam yang belum tentu ditemukan di tempat lain menjadi keunikan Wisata Kawah Sikidang.

Tengah Malam Dijemput Belasan Pria Berbaju Putih, Apa Kehebatan Mbah Fanani? Ini Penuturan Warga
source : tribunnews.com

Lokasinya yang sangat mudah dijangkau  wisatawan, membuat tempat ini selalu ramai. Kawah Sikidang ini merupakan kawah aktif tersbesar di dataran tinggi dieng. Walaupun masih aktif, kawah ini tetap aman dikunjungi wisatawan.Tempat ini berbeda dengan kawah gunung aktif lainya yang berada di puncak gunung. Kawah Sikidang ini justru berada di daratan yang cukup datar. Sehingga  wisatawan menjadi lebih mudah menjangkau lokasi dari bibir kawah. Di bibir kawah wisatwan dapat melihat aktivitas vulkanik yang jarang ada di tempat lain. Seperti semburan lumpur dan asap dari dasar kawah.

https://pesona.travel/media/legenda-kawah-sikidang-di-dataran-tinggi-dieng_121334_1140.jpg
source : pesona.travel

Uniknya, Kawah Sikidang ini memiliki kolam kawah yang dapat berpindah tempat. Kawah Sikidang ini bisa berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya dan rata-rata berpindah tempat setiap empat tahun sekali. Hal tersebut mirip sekali lompatan kijang yang cepat, maka dari itu kawah ini disebut dengan Sikidang atau Kijang.

Keindahan Kawah Sikidang ini sudah tidak diragukan lagi namun, ketika berlibur di Kawah Sikidang anda harus selalu berhati-hati. Pasalnya semburan kawah dan lumpur panas disana sangat berbahaya. Gas yang berada disana juga beracun, sehingga para wisatawan yang datang disarankan untuk memakai masker. Bagi wisatawan yang lupa untuk membawa masker, jangan khawatir di area kawah Sikidang banyak penjual masker.

Sejumlah wisatawan menikmati Kawah Sikidang di kawasan dataran tinggi Dieng, Karang Tengah, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (13/7). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
source : suara.com

Ketika anda berwisata di Kawah Sikidang, anda dapat menikmati pemandangan sekitar Kawah yang indah sambil berfoto di berbagai spot yang instagenic yang dapat Anda coba. Dan juga di dukung dengan background yang menarik yaitu perbukitan dan kawah. Eksotisme pemandangan kawah yang indah akan membuat foto anda semakin menarik. Kalian juga bisa mencoba berfoto dengan Burung Hantu yang berada di Kawah Sikidang lo, ada beberapa warga sekitar yang menyewakan burung hantu, jangan takut burung hantu ini aman dan sudah jinak ya guys.

View this post on Instagram

Happy inside, Fresh outside ✨

A post shared by ulfy hidayatussolichah (@ul.fy) on

kawah sikidang dieng wonosobo
source : wukitravel.com
sourc : triptofun.id

Saat berkunjung di Kawasan Kawah Sikidang banyak warga sekitar yang menjajakan aneka macam souvenir yang bisa kamu bawa pulang. Salah satunya yaitu, souvenir khas daerah Dieng merupakan batu belerang yang bisa dimanfaatkan sebagai kesehatan. Karena batu belerang tersebut adalah batu  asli yang  berasal dari perut bumi yang mengandung banyak mineral dan sulfur. Selain souvenir, warga sekitar juga menjajakan makanan oleh-oleh khas Dieng lo seperti : manisan carica, kacang Dieng, kripik jamur, terong belanda, purwaceng, dan masih banyak lagi.

source : triptofun.id

Tak hanya mejajakan souvenir batu belerang saja ,warga disini juga menjajakan  makanan khas ataupun telor mentah. Mungkin anda akan bertanya-tanya ketika pertama kali berkunjung ke Kawah Sikidang ini. Mengapa warga menjual telor mentah di tempat wisata seperti ini ?? Jawabannya ialah para wisatawan yang berkunjung ke Kawah Sikidang bisa mencoba merebus telur di kawah tersebut. Telur yang di rebus juga tidak berbahaya bahkan telur hasil rebusan tersebut bisa dimakan.

Baca Juga  Golden Sunrise sempurna di Bukit Sikunir, Dieng

jual telur rebus kawah sikidang dieng
source : wisatadiengtour.net

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang :

Lokal : Rp. 15.000

Asing : Rp. 30.000

Lokasi : Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur

Jam Buka : Senin- Minggu / 07.00 – 17.00

Related Articles

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close