Pilkada Digelar 9 Desember 2020, Ratusan PPS Dilantik dengan Protokol Kesehatan

Wonosobo,(wonosobo.sorot.co)–Sebanyak 795 Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 15 kecamatan di Kabupaten Wonosobo resmi dilantik secara serentak menggunakan protokol kesehatan, Senin (15/06/2020). Pelantikan ini berlangsung di masing-masing kecamatan di 15 kecamatan di Wonosobo.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonosobo, Asma Khozin mengungkapkan, pelantikan PPS ditengah pandemi virus corona ini pihaknya menggunakan protokol kesehatan yaitu semua yang hadir dalam acara diwajibkan memakai masker. Selain itu tempat duduk juga diatur jaraknya mininal 1 meter.

“Cuci tangan pakai sabun sebelum masuk ruangan, melakukan sterilisasi ruangan sebelum dan sesudah acara pelantikan. Untuk menghindari kerumunan yang banyak, bagi kecamatan yang jumlah desanya banyak juga dibagi menjadi dua gelombang,” katanya saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut ia mengatakan, sejumlah hal untuk jadi pedoman PPS, antara lain PPS dalam menjalankan tugas, wewenang serta kewajibannya wajib berpedoman pada asas mandiri, jujur,adil, kepastian hukum, tertib, mengedepankan kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi, efektivitas dan aksesibiltas.

“Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo bakal digelar 9 Desember 2020 mendatang. Oleh karena itu, PPS juga harus menjamin pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di tahun 2020 ini, berjalan secara demokratis yang berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” jelasnya.

Setelah dilantik, lanjutnya, ia meminta agar anggota PPS harus siap melaksanakan tugas berat yang sudah menunggu sebagai penyelenggara pemilu tingkat desa dan kelurahan. Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 ini dilaksanakan di tengah pandemi virus corona, sehingga KPU menekankan agar PPS disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Ikuti anjuran pemerintah agar semua petugas sehat selama melaksanakan seluruh tahapan,” tandasnya. (Ar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close