Pesona Gunung Lanang Mergolangu

MAYODO.ID- Siapa sih yang nggak kenal Wonosobo? Kabupaten yang dijuluki negeri diatas awan ini menyimpan banyak sekali obyek wisata yang sangat mempesona. Untuk teman-teman traveler yang berlibur ke wonosobo, Gunung lanang bisa juga jadi refrensi tujuan liburan kalian loh. Selain wisata yang low budget ,tetapi juga wisata yang cocok untuk para penikmat sensasi berpetualang yang menantang. Tak hanya wisatawan domestik yang berkunjung ke destinasi ini, tetapi juga wisatawan mancanegara.

Secara administratif Gunung Lanang terletak di Desa Mergolangu, kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.105 mdpl dan masuk ke dalam jajaran pegunungan Serayu Selatan. Terlihat tidak terlalu tinggi dibandingkan gunung-gunung lain, tetapi siapa sangka setelah kita sampai di puncaknya, pengunjung akan disajikan dengan keindahan alam yang jarang ditemukan ditempat lain. Eksotisme Waduk Wadaslintang dan bentang alam Serayu Selatan terlihat jelas di Puncak Gunung Lanang.

Tiket Masuk Wisata Gunung Lanang

Untuk masuk ke lokasi Gunung Lanang, pengunjung hanya dikenakan biaya masuk Rp. 5.000 serta biaya parkir Rp. 2.000 untuk roda dua, dan Rp. 5.000 untuk roda empat . Kemudian pengunjung menempuh perjalanan kembali dengan berjalan kaki sekitar setengah jam. Namun jangan khawatir jika sepanjang perjalanan setengah jam anda akan bosan, wisatawan akan disuguhkan berbagai spot yang indah sepanjang perjalanan dan pastinya akan memberikan kesan tak terlupakan. Akses jalan menuju puncakpun tidak perlu dikhawatirkan, sepanjang jalan menuju puncak telah dibeton oleh pemerintah desa setempat, sehingga memudahkan wisatawan untuk mencapai puncak.

Rute Menuju Gunung Lanang

Kalau anda dari kota Wonosobo, menuju arah Banjarnegara, pada pertigaan Pasar Selomerto belok kiri ke arah kecamatan Selomerto. Lurus mengikuti jalan menuju Balekambang, dari desa Balekambang anda bisa bertanya warga sekitar arah menuju Mergolangu, rutenya dekat tetapi banyak simpangan, sehingga anda dipaksa untuk rajin bertanya jika ada simpangan. Bisa juga melalui jalur Wadaslintang, setelah sampai pertigaan Kaliwiro, ambil arah Kalibawang, lurus terus menuju ke Mergolangu. Atau jika anda dari arah Sapuran, ambil arah Kalibawang lurus menuju Dempel dan ambil arah Mergolangu. Pengunjung dianjurkan untuk rajin bertanya rute kepada penduduk sekitar. Lebih mudah dan simplenya lagi anda bisa menggunakan Google Maps dengan kata kunci Gunung Lanang Mergolangu.

Fasilitas di Gunung lanang

Baca Juga  Gereja Ayam, Kawasan Wisata Dengan Spirit Keimanan

Sebelum mencapai puncak, disepanjang perjalanan tersedia fasilitas untuk pengunjung, diantaranya : Mushola, Toilet, Saung-saung dari bambu, berjejer pula ayunan untuk bersantai, permainan anak-anak, dan berbagai spot foto yang instagramable . Jangan khawatir juga jika anda akan kelaparan, karena banyak warung yang menyediakan kuliner khas desa Mergolangu, seperti soto bathok, cimpung, tulak, tiwul dan lain-lain.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close