Pemkab Wonosobo Lakukan Rapid Tes Acak di Pasar Induk

Wonosobo – Dalam upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo menggelar rapid tes secara acak di seputaran Pasar Induk Wonosobo, Minggu (17/05/2020). Puluhan alat rapid tes disiapkan untuk pendeteksian dini virus corona.

Sekretaris Daerah (Sekda) Wonosobo, One Andang Wardoyo mengatakan, Pemkab Wonosobo terus bergerak mengambil langkah-langkah strategis guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Salah satunya kali ini dengan menggelar rapid tes secara acak di wilayah Pasar Induk Wonosobo.

“Hari ini bersama Pak Kapolres, kita melakukan rapid tes kepada masyarakat secara random di sekitar Pasar Induk Wonosobo. Memang belum banyak alat rapid tes yang digunakan pada kali ini, karena memang keterbatasan alat. Kemarin ada 300 rapid tes tapi sudah didistribusikan ke Puskesmas,” katanya saat ditemui disela-sela kegiatan.

Lebih lanjut dikatakannya, kali ini pihaknya baru membawa 50 alat rapid tes. Tetapi apabila sudah ada pengadaan rapid tes lagi, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan rapid tes di tempat keramaian masa kembali.

“Sasaran rapid tes kali ini adalah orang yang kita anggap sering berhubungan dengan orang lain, yatu ada kasir, satpam, pembeli dan pengunjung,” bebernya.

Menurutnya, rapid tes secara random ini dilakukan di dua tempat, yaitu di depan Pasar Induk dan di belakang Rita Pasaraya. Hal ini dilakukan agar dapat mengetahui sudah adakah penyebaran virus corona di pasar, sehingga bisa mengetahui apakah suatu saat harus menutup pasar atau tidak.

“Sebagaimana kesepakatan dengan Forkopimda, apabila dalam rapid tes kali ini ada yang menunjukan hasil reaktif maka akan langsung kita karantina. Kalau hasil reaktif dan ada gejala klinis kita karantina di rumah sakit. Tetapi jika reaktif dan tidak ada gejala klinis kita karantina di BLK sambil menunggu hasil swab. Jika swabnya positif akan di rawat di rumah sakit, tetapi jika negatif makan akan kita pulangkan dan karantina mandiri di rumah,” pungkasnya. (Ar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close