Pasien Sembuh Dari COVID-19 Disambut Hangat Warga Se Kampung

Wonosobo – Pemandangan mengharukan tersaji di RT 3 RW 8 Kampung Kalikajar, Kelurahan Kalikajar, Kecamatan Kalikajar, ketika pada Sabtu (16/5/2020) salah satu warga yang terinfeksi COVID-19, selesai menjalani perawatan di rumah sakit dan pulang ke rumahnya.

Pasien perempuan berusia 16 tahun tersebut dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan selama 20 hari di RS PKU Muhamadiyah Wonosobo, dan hasil swab terakhirnya menunjukan hasil negatif COVID-19. Warga kampung yang bahagia dengan telah sembuhnya salah satu tetangga mereka, berinisiatif menyambut dengan hangat dan bahkan berkomitmen untuk mendukung penuh program isolasi mandiri yang masih harus dijalani selama 14 hari pascasembuh.

Camat Kalikajar Bambang Triyono menceritakan perihal momen mengharukan tersebut melalui sambungan telpon, Minggu (17/05/2020). Menurut Bambang, inisiatif untuk menyambut kesembuhan warganya sudah dimulai dari sejak penjemputan oleh jajaran forum koordinasi pimpinan Kecamatan, langsung ke Rumah Sakit, setelah sebelumnya berkoordinasi dengan pihak manajemen RS PKU.

“Di bawah komando Kapolsek dan Danramil Kalikajar, sebelumnya dilaksanakan penjemputan pasien  bertempat di halaman rumah sakit, kemudian pasien diserahkan oleh Pihak Manajemen PKU Muhammadiyah kepada pimpinan Wilayah Kalikajar yakni Camat Kalikajar didampingi oleh unsur Muspika dan Ketua Satgas Covid19 Kecamatan,” terangnya.

Sesampai di kampungnya, Bambang menyebut puluhan warga telah berjajar di pinggir jalan dengan membawa slogan-slogan penyemangat yang mereka buat sendiri. Selain itu, Ketua RT setempat disebutnya juga telah menyiapkan sejumlah langkah dalam upaya mendukung isolasi mandiri, seperti akan melakukan pembersihan dan desinfektasi rumah pasien, kemudian menanggung biaya hidup selama karantina mandiri yang akan dilaksanakan oleh warga secara bergiliran, serta Satgas desa setempat siap membantu selama 24 jam.

Melihat kondisi menggembirakan tersebut, Bambang mengaku sangat terharu dan bersyukur, serta menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, mulai dari jajaran tenaga medis dan manajemen Rumah Sakit PKU Wonosobo, Pemerintah Kelurahan beserta warga dan juga segenap relawan Satgas COVID-19 kelurahan.

Baca Juga  PERINGATAN HARI JADI WONOSOBO SATGAS KALIKAJAR BAGI2 MASKER DENGAN MENGENAKAN PAKAIAN ADAT

Ketua Satgas Covid 19 Kecamatan Kalilajar dr. Andrea menambahkan, pesan agar masyarakat lebih hati hati dan tetap waspada terhadap penyebaran virus covid19.

“Tetap harus selalu menjaga kesehatan dengan PHBS, pakai masker dan sering cuci tangan pakai sabun dan patuh pada aturan-aturan pemerintah. Semua itu dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona,” tegasnya.

Terkait perkembangan keluarga kontak erat, pihaknya akan terus melakukan pemantauan bersama dengan Puskesmas Kalikajar 1 serta akan dikoordinasikan apabila timbul permasalahan. (Ar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close