Menghadapi Idul Fitri, Persediaan Pangan Masih Aman

Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan merilis laporan terkini perihal ketersediaan bahan pangan di masa pandemi COVID 19 dan menghadapi kebutuhan selama Idul Fitri 1441 H. ​​​Plt Kepala Dinas Paperkan, Sumaedi menegaskan persediaan bahan pangan pokok untuk memenuhi kebutuhan warga masyarakat Wobosobo, hingga pertengahan bulan Mei masih sangat mencukupi. “Dengan dukungan ketersediaan pangan di lingkup Provinsi Jawa Tengah dan Nasional, ketersediaan pangan pokok bahkan bisa diproyeksi hingga beberapa bulan kedepan,” terang Sumaedi ketika dihubungi melalui panggilan video, Rabu (20/05/2020).

Untuk bahan pangan yang bersumber dari produksi pertanian di Kabupaten Wonosobo, Sumaedi mengaku secara umum mencukupi dan aman baik dari segi ketersediaan maupun harga di pasaran. Namun, untuk komoditas pangan lain seperti daging dan telur ayam, kedelai, kacang tanah dan bawang merah, ia menyebut bahwa sampai saat ini memang dicukupi dari luar daerah. “Karena itu, dalam distribusi bahan pangan pokok tersebut, kami berharap agar bisa dijaga kelancarannya, khususnya dalam masa masa pandemi COVID 19 ini, dimana ada sejumlah pembatasan pergerakan lalu lintas,” ujar Sumaedi.

Dengan tercukupinya kebutuhan pangan pokok di Kabupaten Wonosobo, Sumaedi berharap warga masyarakat tidak perlu panik, terlebih sampai melakukan aksi borong hanya karena khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka. “Di masa-masa seperti saat ini dibutuhkan ketenangan dan kewaspadaan semua pihak, serta solidaritas antar sesama sehingga semua masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pangan pokok masing-masing,” tandasnya. Ia juga mengaku tetap optimis dengan semangat gotong royong dan saling peduli yang dimiliki masyarakat Wonosobo, masa masa berat akibat pandemi global COVID 19 akan dapat dilalui hingga kehidupan kembali berjalan sebagaimana biasa. (Ar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close