Mengenal SMA 1 Wonosobo

SMA Negeri 1 Wonosobo merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang berada di kota WonosoboJawa Tengah. SMA Negeri 1 Wonosobo merupakan salah satu sekolah unggulan dan juga sebagai sekolah model bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Wonosobo.[butuh rujukan] Banyak lulusan dari Sekolah Menengah Atas ini yang diterima diberbagai Perguruan Tinggi terkemuka, seperti: Universitas IndonesiaInstitut Teknologi Sepuluh NopemberUniversitas Gadjah MadaUniversitas Diponegoro, dll. Dahulu, SMA Negeri 1 Wonosobo bertempat di Jl. RSU NO. 7 dan Jl. Banyumas KM 5 Kalierang, bersebelahan dengan SMA Negeri 2 Wonosobo. Pada tahun 1993 kemudian disatukan di Jl. Tumenggung Jogonegoro KM 2 Wonosobo. SMA Negeri 1 Wonosobo berhasil menjalankan kelas RSBInya pertama kali pada tahun pelajaran 2009/2010.Dengan jumlah murid yang lebih sedikit tentunya membuat sekolah ini semakin baik dan tertib.[butuh rujukan] Saat ini, SMA Negeri 1 Wonosobo memiliki kelas SKS 4 Semester di mana siswa-siswi yang terpilih bisa lulus dalam 2 tahun.

Sejarah

SMA Negeri 1 Wonosobo didirikan pada tahun 1959 oleh panitia pendiri SMA, yang merasa perlu adanya sekolah lanjutan di kabupaten Wonosobo saat itu. Dan pada tanggal 30 Juli 1960, akhirnya SMA 1 mendapat surat keputusan (SK) pengesahan No. 330/SK/B.III th. 1960. Akan tetapi dengan berdirinya SMA negeri di tingkat kecamatan, SMA Negeri Wonosobo itu diubah menjadi SMA 1 Wonosobo melalui SK Mendikbud No. 007/D1993 tanggal 25 November 1995.

Pada awal berdirinya SMA 1 Wonosobo dipimpin oleh Kartono yang kemudian digantikan oleh Drs. Sembodo Idris sampai kira-kira tahun 1988. Pada saat itu SMA 1 Wonosobo masih terletak di Jln. RSU No. 7 (Utara GKJ). Ketika itu SMA 1 Wonosobo mempunyai kelas jauh yaitu di Selomerto. Tepatnya yang saat ini menjadi SMP 2 Selomerto. Dengan kondisi seperti itu menimbulkan masalah karena tidak terjadi sinkronisasi antara kelas yang ada di Jln. RSU dengan yang ada di Selomerto, juga tenaga pendidik yang sering terbagi tentunya hal ini menyebabkan terjadinya pemborosan baik berupa waktu, dana, maupun tenaga.

Baca Juga  Ditengah Kelangkaan Barang, SMA N 1 Sapuran Racik Hand Sanitizer Berbahan Alami

Akhirnya setelah melalui berbagai perundingan yang rumit, pada tahun 1991, terjadilah kesepakatan yang akan mengubah sejarah SMA 1 Wonosobo selamanya, yaitu kesepakatan RUISLAG Gedung Induk SMA 1 Wonosobo. Dan setelah beberapa kali proses yang sulit dan panjang, akhirnya tahun 1993 SMA 1 secara resmi beralamat di JL. T. Jogonegoro km.2 Wonosobo.

Pada tahun 1989 Bapak Sembodo Idris digantikan oleh H.Muh.Badawi H.S yang memegang tampuk kepemimpinan di SMA 1 Wonosobo hingga tahun 1995. pada tahun 1996, dia digantikan oleh Bapak Kadis Sarjono, hingga dia pensiun pada tahun 2002. selanjutnya jabatan Kepala Sekolah dipegang oleh Drs. Agus Haryanto, MM. Tahun 2007 dia digantikan oleh Drs. Danang Kusumanto, M.Si hingga sekarang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close