JURUS JITU MANDIRI TINGKATKAN UMUNITAS

Jika pikiran sedang cemas, gundah gulana, kacau bahkan sedih, maka secara otomatis tubuh pun merespon sesuai yang ada di pikiran kita.

Pun sebaliknya jika pikiran sedang bahagia riang gembira maka tubuh pun merespon dengan cara senyum yang nampak di raut muka.

Apalagi di era wabah pandemi saat ini, yang terkadang tersebar berita baik di media cetak ataupun electronik berseliweran tiap hari yang tidak sedikit membuat masyarakat menjadi cemas dan panik dengan pemberitaan serta penyebaran virus corona atau COVID-19 .

Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc, PhD., Dosen Departemen Psikologi Klinis, Fakultas Psikologi merangkap Direktur SDM Unpad Bandung, membagikan langkah – langkah dalam melakukan Self-hypnosis kepad  

Tingkatkan imunitas ( kekebalan ) tubuh melalui Self-Hypnosis.

Self-hypnosis sendiri memiliki efek baik untuk menurunkan tingkat kecemasan seseorang dan menumbuhkan suasana hati yangn baik ( good mood ), hal ini berkolerasi ( berkaitan ) dengan peningkatan ‘imune system’ dari seseorang.

“Self-Hypnosis bisa dilakukan setiap hari pada saat kondisi #dirumah aja, yang perlu diperhatikan adalah diniatkan dengan sungguh – sungguh dan cara melakukannya harus baik,” kata Aulia, ( 29/3/2020).

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya mengendalikan kecemasan, seperti melakukan langkah – langkah pencegahan sesuai dengan anjuran dari ahli kesehatan dan pemerintah. Contoh melakukan anjuran mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer, menjaga kebersihan di keluarga dan lingkungan, melakukan social distancing #dirumahaja, tidak lepas berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama masing – masing, dll.

Ia menambahkan dalam memilih informasi pun harus tepat dan dari sumber yang terpercaya.

Mencari informasinya pun harus dibatasi. Umpamanya hanya 2-3 kali dalam sehari.

Selain itu mengisi waktu dengan kegiatan lain yang produktif. Termasuk menumbuhkan keyakinan diri dan suasana hati yang sehat dan bahagia, seperti dengan melakukan Self-hypnosis.

Baca Juga  Perempuan dalam Jerat Patriarki (Perempuan harus Bergerak bukan Melawan)

Berikut tahapan cara melakukan Self-hypnosisnya

Instruksi relaksasi :

  1. Duduk dengan posisi yang nyaman;
  2. Jika sudah terasa nyaman. Silahkan tarif nafas panjang perlahan melalui hidung (hitung 1-3);
  3. Tahan (hitung 1-3);
  4. Hembuskan perlahan melalui mulut (hitung 1-3);
  5. Konsentrasi pada aliran udara yang masuk dan anda keluarkan;
  6. Tarik nafas kembali perlahan melalui hidung (hitung 1-3);
  7. Tahan (hitung 1-3);
  8. Hembuskann perlahan melalui mulut (hitung 1-3);
  9. Rasakan kenyamanannya. Dari setiap tarikann udara dan hembusan udara, tubuh anda akan lebih relaxn dan nyaman;
  10. Ulangi prosedur di atas selama 5 kali.

Kalimat Sugest :

  1. “Saya memiliki kesehatan yang sempurna”;
  2. “Saya merasakan bahagia dan ketenangan jiwa”;
  3. “Badan saya memiliki imunitas yang kuat untuk melawan virus apapun”;
  4. Hari ini, besok dan seterusnya kondisi saya akan sehat sempurna dann bahagia”.

Cara Melakukan Self-hypnosis:

  1. Cari tempat yang nyaman;
  2. Fokus menenangkan tubuh anda (relaksasi);
  3. Fokus pada sugesti anda;
  4. Mengakhiri sesi Self-hypnosis.

Menurutnya dalam Selft-hypnosis, pengulangan, kegigihan dan keyakinan merupakan hal yang menentukan keberhasilan.

Selamat mencoba,

Sumber : majalah sora

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close