Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok Melonjak

MAYODO.ID – Menjelang lebaran harga sejumlah barang kebutuhan pokok di Kabupaten Temanggung terus melonjak. Namun demikian, para pedagang di Pasar Kliwon Rejo Amertani mengeluhkan pembelian tidak seramai jelang lebaran tahun 2019 lalu. 

Harga telur ayam ras dari Rp 20.000 berangsur naik menjadi Rp 24.000 per kilogram. Selain telur, harga bawang merah juga terus naik dan sekarang tembus Rp 52.000-Rp 54.000 per kilogram, sedangkan harga bawang putih cenderung stabil Rp 26.000 per kilogram.

Lalu harga gula pasir meski tidak naik tapi bertahan tinggi di harga Rp 16.000 per kilogram. Harga cabai rawit merah yang sempat menembus Rp30.000 per kilogram turun menjadi Rp 25.000 per kilogram dan harga cabai keriting merah bertahan Rp18.000 per kilogram.

“Ya, harganya memang rata-rata naik umumnya mau lebaran, tapi kalau tingkat penjualannya termasuk agak sepi tidak selaris tahun lalu. Ini karena ada corona jadi warga takut untuk ke pasar maka berdampak pada dagangan kami,” kata Yati seorang pedagang di Pasar Kliwon Temangggung, Sabtu (23/5/2020).

Adapun harga daging sapi dari melonjak dari semula Rp 115.000 per kilogram kini tembus Rp 125.000 per kilogram. Daging ayam yang sebelumnya Rp 33.000 per kilogram naik menjadi Rp 35.000 per kilogram.

“Selama pandemi corona ini permintaan daging ayam sepi, namun menjelang Lebaran ini, khususnya dalam tiga hari terakhir permintaan cenderung meningkat, tapi tidak banyak pas sepi paling laku 20 kilogram per hari itupun kebanyak yang beli pelanggan para pedagang bakso atau mie ayam. Kalau pas normal bisa menghabiskan 50-70 kilogram per hari,”katanya.

Ratna seorang pedagang daging sapi menuturkan harga daging sapi naik sejak dua hari lalu karena permintaan meningkat. Akan tetapi meski ada permintaan peningkatan tapi tidak signifikan seperti jelang Idul Fitri tahun-tahun sebelumnya. Dia berharap pandemi COVID-19 segera berlalu agar kehidupan bisa kembali normal. (ari)

Baca Juga  PULUHAN ORANG TERJARING OPERASI MASKER DI KALIKAJAR

sumber: https:kumparan.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close