Galau Lanjut Sekolah Dimana? Jangan Sampai Salah Jurusan ya..

MAYODO.ID-Cukup bikin galau ya untuk memilih ketika akan masuk Sekolah baik SMA atau SMK, apalagi untuk memilih jurusan. Menemukan jurusan yang tepat selalu menjadi hal penting yang harus dipikirkan dengan matang. Sangat penting untuk memilih jurusan yang paling tepat sejak awal. Di mana Anda bisa menemukan berbagai ilmu yang tepat dan bisa menjadi bekal masa depan nanti. Selain itu, menyesuaikan jurusan ini dengan kemampuan dan minat juga tentu menjadi hal penting lainnya yang tidak bisa diabaikan. 

Memilih sesuatu yang cocok untuk diri sendiri memang tidak selalu menjadi pekerjaan yang mudah, begitu juga ketika memilih jurusan sekolah. Meski Anda menginginkan sebuah jurusan yang bisa menopang masa depan dan karier di masa yang akan datang, hal ini saja tentu tidak akan cukup. Pada kenyataannya, sebagian besar orang justru tidak bekerja/berkarier sesuai dengan jurusan yang mereka tempuh.

Apa lagi sekarang kita menghadapi tahun 2020-2030 Indonesia akan mengalami Bonus demografi, yaitu sebuah kondisi komposisi penduduk usia produktif (15-64 tahun) lebih besar dibandingkan dengan penduduk usia non-produktif (di bawah 15 dan di atas 65 tahun) (dikutip dari situs www.kominfo.go.id ).

dalam rentang waktu tertentu. Bonus demografi merupakan sebuah peluang (window of opportunity) yang dinikmati suatu negara sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif, yaitu jumlah penduduk usia produktif berjumlah dua kali lipat dari penduduk non-produktif. Hal ini menguntungkan bagi sebuah negara, karena dengan demikian beban ketergantungan atau dukungan ekonomi yang harus diberikan oleh penduduk usia produktif kepada non-produktif (anak-anak dan orang tua) menjadi lebih ringan.

Fenomena bonus demografi di Indonesia jika dilihat dari sisi pembangunan SDM sangat menguntungkan, karena diperkirakan pada tahun 2020-2030 Negara akan memiliki sekitar 180 juta orang berusia produktif, sedangkan usia non-produktif sekitar 80 juta jiwa. Dengan kata lain 10 orang produktif hanya menanggung 3-4 orang usia tidak produktif. Oleh karena itu, bonus demografi dapat menjadi anugrah bagi bangsa Indonesia, dengan syarat pemerintah harus menyiapkan generasi muda yang berkualitas, baik melalui pendidikan, kesehatan, pelatihan, penyediaan lapangan kerja, dan investasi. Namun, jika bangsa bangsa Indonesia tidak mampu menyiapkan generasi muda berkualitas dan lapangan pekerjaan yang cukup, maka akan terjadi pengangguran besar-besaran yang justru menjadi beban Negara.

Bukan berlebihan bila pilihan jurusan menentukan nasib hidup bertahun-tahun ke depan. Nyatanya, mendapatkan ilmu yang tepat juga menentukan hidup selama bertahun-tahun setelah masa di sekolah –baik menyangkut karier, relasi sosial, pencapaian, hingga pola hidup. Maka dari itu, memilih jurusan harus memiliki banyak pertimbangan. Anda membutuhkan sesuatu yang memang benar-benar sesuai, sehingga bisa menikmati proses belajar dan mendapatkan hasil maksimal dari proses tersebut.​

Berikut tips memilih Sekolah SMA/SMK dikutip dari situs “Berbagi ilmu” ya,

Kelebihan Memilih Sekolah SMA

1. Biaya Lebih Murah 
Persoalan mahal SMA atau SMK tentu biaya sekolah SMA akan lebih murah dibandingkan dengan SMK, karena disekolah SMK lebih sering mengadakan praktek sehingga membutuhkan biaya lebih dan belum lagi dengan uang komite setiap semesternya.

2. Lebih Banyak Ilmu Pengetahuan 
Setiap sekolah memang memfasilitasi setiap siswanya agar mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih, namun alasan memilih SMA daripada SMK karena di SMA anda akan lebih memiliki banyak pengetahuan yang dimana ada banyak mata pelajaran yang akan anda dapatkan, mulai dari pendidikan agama, bahasa Indonesia, bahasa inggris, matematika, sejarah, geografi, sosiologi, penjaskes, senibudaya, pendidikan dan kewarganegaraan, kimia, biologi, dan masih banyak lagi materi lain yang akan dapatkan.

Sedangkan di sekolah SMA lebih fokus kepada masing-masing jurusan sehingga materi yang akan dipelajari hanya berfokus sesuai dengan jurusan yang sebelumnya sudah dipilih. Misalnya jurusan tata busana, meskipun ada beberpa tambahan materi yang diselipka, namun anda akan terfokus pada pelajaran bagaiamana merancang busana.

3. Mudah Melanjutkan Kejenjang Kuliah
Lulusan SMA vs SMK tentu akan terlihat jelas pada saat lulus sekolah dan ingin melanjutkan pendidikan ke salah satu universitas. Lulusan SMA akan lebih mudah dan akan menyesuaikan dengan jurusan yang diambil ketika kuliah karena sebelumnya ia sudah banyak menerima materi disekolah.

Misalnya pada saat sekolah anda sangat menyukai mata pelajaran biologi, maka ketika anda akan kuliah tidak perlu bingung lagi dalam memilih, anda sudah bisa memastikan dan mengambil jurusan biologi sehingga bisa mempermudah anda. Itulah beberapa kelebihan yang anda dapatkan jika bersekolah di SMA. Lalu bagaimana dengan SMK? KELEBIHAN SMK

Kelebihan Memilih Sekolah SMK

1. Lebih Banyak Jurusan 
Pro dan kontra SMK lebih baik dari SMA sudah menjadi hal yang lumrah, namun ketika anda memilih untuk bersekolah di SMK maka anda akan mendapatkan kelebihan yang tidak dimiliki sekolah SMA pada umumnya, yaitu banyaknya jurusan. Jika di SMA hanya ada jurusan IPA dan IPS, maka di SMA ada jurusan tata busana, tata boga, farmasi,

2. Banyak Pengalaman 
Orang yang lulus dari sekolah SMK tentunya akan lebih mendapatkan pengalaman dibandingkan dengan mereka yang lulusan dari SMA. Karena pada saat sekolah mereka lebih sering melakukan praktek bukan teori, sedangkan SMA lebih banyak teori dibandingkan dengan praktek. Hal ini tentu akan terlihat sangat jelas bagaimana pengalaman seseorang dengan teori dan bagaimana pengalaman dengan praktek langsung.

3. Bisa Langsung Kerja 
Karena sudah terbiasa bekerja dalam bentuk praktek maka lulusan ini akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Misalnya seseorang yang mengambil jujuran tata busana, ketika lulus dia bisa lengsung bekerja dengan merancang busana dan bekerjasama dengan orang lain.

4. Membuka Usaha Sendiri 
Memiliki kemampuan dan keahlian tentu menjadi modal tersendiri bagi mereka. Selain bekerjasama dengan orang lain, lulusan ini juga bisa membuka usahanya sendiri tanpa harus kuliah dan mendapatkan ijazah terlebih dahulu. Seperti contoh pada poin sebelumnya, misalnya lulus dengan jurusan tata busana, maka ketika selesai sekolah bisa membuat usaha sendiri dengan membuka butik.

Itulah beberapa kelebihan sekolah SMK, tidak perlu debat pilih SMA atau SMK karena masing-masih memiliki kelebihan. Tinggal bagaimana anda bisa memilih agar kedepannya kemampuan anda bisa berkembang sesuai dengan apa yang di inginkan. Selain itu hal penting lainnya adalah ilmu yang anda dapatkan sehingga bisa berguna bagi orang lain dan diri sendiri.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close