Bupati Wonosobo Dorong Kesadaran Warga Pasar Sapuran Agar Selalu Kenakan Masker

MAYODO.ID – Bupati Wonosobo, Eko Purnomo bersama puluhan wartawan  membagikan ratusan masker kepada pedagang dan pengunjung pasar Sapuran, Rabu (13/5/2020). Pembagian masker dilakukan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020, yang digelar di tengah keprihatinan global menghadapi pandemi COVID 19. Pada setiap penyerahan masker tersebut, Bupati sekaligus menyampaikan pesan agar warga lebih disiplin untuk mengenakannya setiap beraktifitas di luar rumah, termasuk  saat ke pasar.

“Mohon selalu diingat ya bapak Ibu, demi mencegah kita dari tertular COVID 19, mengenakan masker saat berada di luar rumah menjadi wajib, mengingat saat ini virus korona masih berada di sekitar kita,” tutur Bupati kepada warga pasar.

Dengan adanya kedisiplinan warga dalam upaya mencegah penyebaran virus korona, Bupati mengaku optimis masa-masa pandemi COVID 19 di Kabupaten Wonosobo akan lebih cepat berlalu. Kepada para jurnalis yang menginisiasi kegiatan pembagian masker, Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya.​​​ ​​​​​”Upaya untuk memutus mata rantai penularan virus korona ini memang sangat membutuhkan sinergi semua elemen masyarakat, termasuk teman – teman wartawan yang selama ini juga telah turut membantu mengedukasi publik melalui media,” lanjutnya. ​​​​​​​​​​​

Demi mempercepat penanganan COVID 19, Eko juga meminta agar para wartawan terus menyampaikan informasi valid dan akurat yang dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat, melalui media masing-masing.

Arahan Bupati tersebut selaras dengan maksud dan tujuan digelarnya peringatan HPN di Pasar Tradisional. Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Wonosobo, Edi Purnomo ketika ditemui di sela pembagian masker menerangkan pihaknya sebagai agen informasi juga merasa memiliki kewajiban untuk berkontribusi dalam upaya memutus mata rantai penularan virus Corona di Kabupaten Wonosobo.​​​​​

“Harapannya tentu dengan telah diterimanya masker gratis dan bisa dicuci dan dikenakan kembali ini, warga pasar Sapuran menjadi lebih rajin dan disiplin dalam menjalani aktifitas mereka dengan tetap bermasker agar terhindar dari penularan COVID  19,” terang Edi. Selain membagikan masker, kepada sejumlah warga pasar, Edi menyebut pihaknya juga memberikan bantuan berupa beras, masing masing 5 kilogram. Tak kurang dari 100 kilogram beras dalam kemasan 5 kg dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Baca Juga  Gugah Kesadaran Masyarakat, Jayanusa Wonosobo Bagikan Ribuan Masker

Apresiasi terhadap adanya kegiatan sosial dari para jurnalis juga diapresiasi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo, Eko Suryantoro dan Camat Sapuran, Edi Usman. Keduanya mengaku terkesan dengan adanya kegiatan sosial yang didedikasikan bagi keselamatan warga pasar tersebut. Peran aktif dari para penyampai warta tersebut, menurut mereka layak menjadi teladan dan inspirasi bagi elemen masyarakat lainnya agar turut mendukung pencegahan penularan COVID 19, baik di lingkup wilayan Sapuran, maupun di Kabupaten Wonosobo pada umumnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close