Cari Mi Ongklok? 4 Warung Mi Ongklok ini Wajib dicoba

Kabupaten Wonosobo dengan sejuta pesona keindahnnya masih menjadi magnet tersendiri bagi traveller. Sejumlah destinasi menarik seperti Gunung Prau, Kawah Sikidang, Bukit Sikunir dan lainnya yang rata-rata berada di Dieng ini sangat worth it untuk dikunjungi. Kawasan dingin ini juga menjadi tempat diselenggarakannya salah satu festival tahunan paling populer di Indonesia yaitu Dieng Culture Festival.

Namun tak lengkap jika berlibur tanpa menicicipi kuliner khasnya. Di antara banyaknya pilihan kuliner di Wonosobo, Mie Ongklok merupakan salah satu kuliner yang paling terkenal. Mie ini diracik dengan potongan kol dan daun kucai, lalu disiram dengan kuah kental berwarna kecoklatan yang membuat tampilannya sangat menggoda lidah. Tak lupa sate sapi serta tempe kemul yang menjadi pelengkap sajian sehingga semakin nikmat saat disantap.

Karena mie ongklok ini dijadikan sebagai kuliner khas, maka cukup mudah menemukan warung mie ongklok di Wonosobo. Sebagai rekomendasinya, empat warung mie ongklok yang legendaris ini wajib dikunjungi agar kamu tahu betapa nikmatnya kuliner khas yang satu ini.

1. Mie Ongklok Longkrang


Image credit: @topan_permana

Mie Ongklok milik Pak Waluyo sebagai generasi kedua ini sangat populer di kalangan wisatawan. Cita rasa legendaris yang masih terus dipertahankan membuat warung makan yang sudah berdiri sejak 1975 selalu ramai di setip waktu. Jika sudah menyantapnya, rasanya akan terasa kurang jika menyantapnya satu piring saja. Kenikmatan mie ongklok, sate, serta tempe kemulnya menjadi perpaduan rasa yang tepat.


Image credit: @brigittajesslyn

Lokasi: Jl. Pasukan Ronggolawe No.14, Longkrang, Wonosobo Timur, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 09.00 AM – 05.00 PM
Harga: Mulai 15,000 IDR per porsi

Baca Juga  Nasi Megono & Tempe Kemul Khas Wonosobo Yang Selalu Bikin Rindu

2. Mie Ongklok Bu Umi


Image credit: @gembulfoodie

Berada 500 meter dari pusat kota Wonosobo, warung Mie Ongklok Bu Umi sangat sayang untuk dilewatkanya. Soal rasa sangat patut diacungi jempol, juara banget deh! Bagi pecinta makanan pedas, kamu dapat meminta tambahan potongan cabai rawit hijau yang pedasanya sangat menggigit. Tak lupa sate sapi atau bakso sapi yang dapat kamu pilih untuk melengkapi kelezatan rasa mie ongklok.


Image credit: @fahmianhar

Lokasi: Jalan Masjid No.11 RT. 01 RW. 14, Kauman Utara, Wonosobo Timur, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 10.00 AM – 09.00 PM
Harga: Mulai 15,000 IDR per porsi

3. Mie Ongklok Pak Muhadi

Jangan heran jika warung Mie Ongklok Pak Muhadi selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai tempat. Bukan tanpa alasan, tapi nama warung ini sudah sangat populer karena kelezatan rasanya. Tempatnya yang cukup besar hingga dapat menampung banyak orang serta lahan parkir yang luas, membuatmu tak perlu ribet lagi untuk mencari tempat parkir di tengah keramaian.


Image credit: @muljoto88_id

Warung milik Pak Muhadi ini tidak hanya sekadar menyajikan mie ongklok serta sapi saja, tapi juga berbagai sajian tambahan seperti tempe kemul serta geblek (makanan tradisional dari singkong) juga tersedia di meja yang wajib disantap sembari mie ongklok datang.


Image credit: @dinadwi_k

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.1, Tosari, Jaraksari, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Jam buka: 10.00 AM – 08.00 PM setiap Senin sampai Jumat, 10.00 AM – 07.00 PM setiap Sabtu dan Minggu
Harga: Mulai 16,000 IDR per porsi

4. Mie Ongklok dan Sate Sapi Pak Tris


Image credit: @liemmon98

Baca Juga  SAGON, Jajanan Legend Khas Wonosobo yang Paling dicari!

Keistimewaan mie ongklok dari Pak Tris ini adalah potongan tahu yang jarang ditemukan di warung makan lainnya. Tak hanya sajiannya, jam buka warung ini juga berbeda yaitu mulai sore hingga malam hari. Disajikan di tempat warung sederhana, tidak membuat kualitas rasa mie ongklok serta satenya diragukan lagi. Enak banget!


Image credit: @daudede

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.140, Ngepelan, Wonosobo Timur, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 04.00 PM – 10.00 PM
Harga: Mulai 15,000 IDR per porsi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close