Cara Menggunakan Google Meet Untuk Rapat Online

Google Meet merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi video telekonferensi. Layanan ini mampu menampung sekitar 100 orang dalam satu sesi rapat virtual.

Menariknya, pengguna bisa menggunakan layanan Meet secara cuma-cuma baik melalui aplikasidesktop (PC/laptop) maupun mobile (smartphone).http://ads8.kompasads.com/new/www/delivery/afr.php?zoneid=3838&cb=INSERT_RANDOM_NUMBER_HERE

Syarat untuk menggunakan layanan ini pun mudah. Yaitu, pengguna cukup memiliki akun Google.

Lantas, bagaimana cara menggunakan layanan video telekonferensi bikinan Google ini untuk menggelar rapat dengan kerabat?

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk menggunakan Google Meet baik di smartphonemaupun desktop.

Lewat ponsel

Untuk pengguna smartphone, sebaiknya unduh aplikasi Meet terlebih dahulu di toko aplikasi.

Untuk ponsel Android, aplikasi tersebut bisa diunduh lewat tautan berikut. Sementara pengguna ponsel iOS bisa mengunduhnya di tautan berikut.

Baca juga: Google Siapkan Fitur Ganti Background Mirip Zoom untuk Meet

Setelah diunduh dan terpasang, buka aplikasi Meet dan masuk (login) menggunakan akun Google masing-masing.

Beberapa saat kemudian, pengguna akan diantar ke tampilan utama Meet. Di sini, klik tombol “New meeting” untuk membuat ruangan virtual baru.

KOMPAS.com/Bill ClintenCara menggunakan Google Meet di smartphone.

Di halaman utama ruangan virtual, pengguna kemudian akan melihat tiga tab, yakni participantmessage, dan information.

Tab participant berfungsi untuk melihat daftar peserta rapat, tab message bisa dipakai untuk mengirim pesan teks, dan tab information bisa ditengok untuk melihat tautan ruangan (serta kode meeting) yang bisa dibagikan ke kerabat atau calon peserta.

Jika ingin masuk ke ruangan virtual yang sudah dibuat, pengguna cukup memasukkan kode meeting di tombol “Meeting code” yang ada di tampilan awal Meet tadi. Kode meeting sendiri bisa didapatkan dari sang pemilik ruangan (host).

Baca Juga  Jejak Juang Sang Komandan

Lewat PC atau laptop

Berbeda dengan smartphone, pengguna PC atau komputer bisa menikmati layanan Meet tanpa harus memasang aplikasi.

Caranya? Pengguna cukup mengakses situs meet.google.com dari peramban (browser). Lalu, masuk ke layanan Meet menggunakan akun Google masing-masing.

Tak lama kemudian, halaman utama layanan Meet versi desktop pun bakal muncul. Di tampilan ini, klik tombol “Start a meeting” untuk membuat ruangan virtual baru dan izinkan Meet untuk mengakses mikrofon dan kamera.

Setelah itu, klik tombol “Join now” untuk beralih ke ruangan virtual yang sudah dibuat.

Di tampilan utama ruangan tersebut, pengguna lantas bisa mengundang kerabat lewat akun Google, mengirim pesan ke partisipan yang hadir, membagikan layar atau slide presentasi yang sudah dibuat, membagikan tautan ruangan rapat, dan lain sebagainya.

Nah, apabila tak ingin membuat ruangan dan hanya ingin menjadi peserta, pengguna bisa kembali membuka situs meet.google.com dan masukan kode meeting yang telah dibagikan oleh host di kolom yang tersedia.

Sumber: kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close