Bukit Sikunir, Golden Sunrise Terbaik Se-Asia Tenggara

MAYODO.ID- Kekayaan wisata indonesia tak henti-hentinya menawarkan destinasi yang memanjakan mata. Salah satunya obyek wisata yang berada di Jawa Tengah, yaitu Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau. Berwisata ke Dieng kurang lengkap jika tak mengunjungi Bukit Sikunir. Bukit yang disebut-sebut sebagai primadona Dieng memiliki ketinggian 2.263 mdpl.  Terletak di sebelah Timur Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Desa Sembungan sendiri merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa.

Pesona Bukit Sikunir, Spot Berburu Sunrise Terindah se-Asia ...

Banyak wisatawan menghabiskan waktu berlibur ke gunung atau bukit untuk menikmati keindahan pemandangan alam Bukit Sikunir. Dengan pemandangan matahari berwarna kuning keemasan denan lautan awan, maka dari itu banyak orang yang menyebut ‘’Negeri di Atas Awan”. Bukit yang terkenal dengan golden sunrisenya. Keindahan alam Bukit Sikunir sudah tidak perlu diragukan lagi. Apalagi saat sunrise, pesona keindahan Bukit Sikunir selalu membuat kagum wisatawan dan pasti ingin kembali lagi untuk menikmati keindahannya. Bagaimana tidak, pancaran cahaya matahari pertama yang terlihat dari Bukit Sikunir akan menampakkan gunung disekitar bukit dan daerah yang terkena pancarannya akan terlihat sangat indah. Disebelah kiri terlihat Gunung Sindoro dan Sumbing,sedangkan di bagian tenggara ada Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dengan banyak awan yang menyelimuti sepanjang bawah bukit.Puncak Bukit Sikunir bahkan disebut-sebut sebagai tempat strategis untuk menyaksikan warna jingga keemasaan Golden Sunrise terindah dan terbaik se-Asia Tenggara.

Agar tidak ketinggalan detik-detik munculnya golden sunrise, banyak wisatawan menghabiskan waktu camping di Bukit Sikunir. Jika teman-teman traveler tertarik untuk camping di area Bukit Sikunir, maka pilihan yang tepat yaitu camping di Telaga cebong. Selain ramai para wisatwan, camping di Telaga Cebong tidak memerlukan banyak persiapan seperti halnya mendaki gunung. Di sekitar Telaga Cebong terdapat warung-warung yang menyediakan makanan dan juga ketersediaan airpun memadai karena dekat dengan pemukiman warga sekitar.

Baca Juga  Wisata Eksotis Tersembunyi di Perbatasan Wonosobo-Purworejo

Istining Dyah N on Twitter: "Telaga cebong desa sembungan bukit ...600 × 800

Kapan waktu terbaik untuk mendapatkan Golden Sunrise

Waktu terbaik untuk mendapatkan spot Golden Sunrise jika teman-teman traveller ingin melihat Golden Sunrise dengan jelas tanpa tertutup awan dan kabut, datanglah pada musim kemarau atau lebih tepatnya antara bulan Juli sampai bulan Oktober. Pada musim ini, cuaca bagus karena kabut tidak tebal dan jarang mendung. Sedangkan pada bulan November sampai Februari, sunrise akan diselimuti awan pekat dan kabut.

Tiket dan Akses Menuju  Sunrise Bukit Sikunir

Wisatawan bisa merasakan serunya mendaki  dan menikmati indahnya Bukit Sikunir dengan harga tiket Rp. 10.000 per oranya. Sikunir  tidak pernah sepi dari para wisatawan yang setiap harinya ingin menikmati panorama Golden Sunrise. Adapun rute menuju Bukit Sikunir bila dari arah Wonosobo dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih sekitar 1 jam. Sebelum menuju Bukit Sikunir, teman-teman traveller bisa menuju Alun-Alun Wonosobo, kemudian ambil jalur arah jalan Dieng. Lurus terus sampai pertigaan Dieng, lalu ambil jalur ke kiri. Telusuri jalan sampai ke lokasi Bukit Sikunir. Jangan khawatir merasa kelelahan mendaki,  karena wisatawan hanya perlu waktu kurang lebih 25-30 menit saja untuk sampai puncak Bukit Sikunir. Puncak Sikunir memiliki area camping yang luas, wisatawan bisa memilihnya untuk menikmati Golden Sunrise. Jalur trekking-nya juga tidak susah seperti jalur-jalur pendakian lain yaitu sudah dibuat tangga yang dibeton dan bebatuan untuk mempermudah wisatawan menuju puncak. Nah, jangan lupa juga siapkan jaket tebal ketika akan mendaki Bukit Sikunir dan juga siapkan sepatu yang nyaman dan tidak licin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close