Bangun Jalan Penghubung Dua Kecamatan, TMMD di Pungangan Resmi Ditutup

Wonosobo – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap ll tahun 2020 Kodim 0707/Wonosobo di Desa Pungangan Mojotengah ditutup, Rabu (29/07/2020). Mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, penutupan TMMD kali ini dilaksanakan secara sederhana di Balai Desa Pungangan.

Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat mengatakan, kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2020 ini mengambil tema ‘TMMD Pengabdian Untuk Negeri’ yang berarti bahwa TNI bersama pemerintah daerah dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk kesejahteraan masyarakat.

“Bukti nyata dari pengabdian TNI untuk negeri adalah pelaksanaan TMMD di Pungangan ini. Masyarakat sudah puluhan tahun merencanakan pembuatan jalan sepanjang 1.380 meter yang menghubungkan Kecamatan Mojotengah dan Watumalang, akan tetapi belum berhasil. Melihat persoalan tersebut Kodim 0707/Wonosobo bersama-sama dengan pemerintah daerah dan dibantu masyarakat sekitar berhasil mewujudkan pembangunan jalan tersebut. Waluapun saat ini pengerasannya belum sampa Desa Larangan, namun jalan sudah dibuka tinggal penyelesaian saja,” ungkapnya.

Harapan dari Dandim adalah agar Kades Gondang dan Larangan bisa menindak lanjuti jalan yang sudah dibangun oleh TNI ini.  Disamping itu kepada pemerintah daerah diharapkan bisa menganggarkan anggaran untuk membuat jembatan, sebab kondisi jalan ini masih karena ada sungai yang melintang.

“Disamping jembatan, yang tidak kalah penting adalah agar kedepannya jalan ini bisa diaspal atau dibetonisasi sehingga masyarakat bisa aman saat melewatinya,” ungkapnya.

Terpisah Kepala Desa Pungangan, Supriyono menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0707/Wonosobo yang telah menempatkan program TMMD di Desa Pungangan. Berkat TMMD warga masyarakat Dusun Kleyang Jurang, Desa Pungangan merasa terbantu karena sudah mempunyai jalan lingkar sebagai akses lebih dekat menuju Kota Wonosobo.

Baca Juga  Pasien Sembuh Dari COVID-19 Disambut Hangat Warga Se Kampung

“Jalan yang dikerjakan oleh TMMD ini menghubungkan 2 Kecamatan antara Mojotengah dan Watumalang. Ada 3 Desa yaitu Desa Pungangan, Desa Larangan Kulon dan Desa Gondang Watumalang,” ujarnya.

Pqnjang jalan yang dibangun kurang lebih 1380 meter untuk pekerjaan badan jalan, sedangkan untuk pengerasan sekitar 431 meter dan 1 titik lokasi gorong-gorong. Dengan adanya jalan ini, pihaknya berharap dapat melancarkan perekonomian dan menambah kesehteraan masyarakat yang notabenya sebagian besar berprofesi sebagai petani. (Ar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close